Bingung akhir pekan mau kemana? Bagi Anda yang ingin sejenak skip dari kenyataan, simak lokasi wisata di Kulon Progo.

1. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo merupakan objek wisata yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Memberikan daya tarik wisatawan karena panjang goa ini 1,5 kilometer dan di bawah Bukit Menoreh. Terdapat dua cabang yang mengarahkan pengunjung menuju tempat pertapaan orang di masa lalu.

Pasalnya menurut masyarakat sekitar, goa ini sempat menjadi tempat bertapa. Sekitar sembilan ruangan yang biasanya digunakan untuk bertapa di goa tersebut.

Menurut masyarakat objek ini dulunya tempat bertemu Lemusur dan Maesuro yang melawan Subali dan Sugriwo. Cerita itu juga terukir di relief dinding goa. Berkisah pertempuran empat kesatria.

Objek tersebut hanya dapat dikunjungi mulai dari pukul 08.00-17.00.

2. Kedung Pedut

Pesona air terjun yang ditawarkan di perbukitan menoreh ini mungkin masih terdengar asing. Terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo.

Daya tarik utama air terjun ini memiliki dua warna air yang berbeda yaitu hijau tosca dan putih. Karena letak yang tersembunyi, kealamian alamnya mendinginkan pemikiran dan menenangkan hati.

Demi menjaga kelestariannya, penduduk memberikan wahana tradisional seperti papan seluncur kayu dan pancuran bambu. Lokasi tersebut kurang lebih berjarak 5 kilometer dari Goa Kiskendo.

3. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo memberikan daya tarik karena letaknya tersembunyi dibalik perbukitan Menoreh Kulon Progo.

Air terjun neniliki ketinggian sekitar 10 meter. Terbagi menjadi tiga lokasi diantaranya padukuhan Munggang Lor, Padukuhan Gorolangu dan Padukuhan Nyenani. Lokasi wisata ini dikelilingi oleh tebing bebatuan dan dihiasi tanaman hutan yang masih alami.

4. Air Terjun Grojogan Sewu

Grojogan Sewu bisa menjadi alternatif jika ingin wisata air. Objek wisata air terjun yang lingkungannya masih terasa menyatu dengan alam.

Lokasi Grojogan Sewu terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Gitumulyo. Panorama alam yang masih alami, membuat tubuh menjadi rileks dan bersantai sejenak. Trap-trap atau tingkatan sebanyak seribu membuat orang menyebutnya Grojogan Sewu.

5. Taman Sungai Mudal

Air terjun yang berada di sumber air mudal dan berbentuk seperti kolam renang. Membuat Anda dimanjakan layaknya di kolam renang hotel berbintang. Namun, bedanya Anda akan menikmati dengan suasana alami dan airnya merupakan mata air sumber.

Di sekeliling sungai tersebut terdapat tempat duduk yang ada payung-payungnya. Fasilitas yang disediakan tidak hanya itu, Anda dapat mendirikan tenda, flaying fox, tracking dan berfoto ria.

Lokasinya terletak di Pedukuhan Banyunganti, Desa Jatimulyo, Girimulyo. Jika ingin berkunjung kemari, jam oprasional mulai pukul 08.00-17.00.

6. Wildlife Rescue Center

Setelah puas bermain air, bergeser ke objek wisata satu ini Wildlife Rescue Center.

Bagi Anda pencinta hewan, lokasi ini dapat menjadi rekomendasi pilihan untuk memberikan perhatian dan kasih kepada hewan-hewan tersebut.

Disini, Anda dapat nelihat koleksi jenis hewan liar yang nyaris punah dan juga satwa liar yang memiliki kondisi memprihatinkan.

Objek wisata ini cocok untuk wisata keluarga dan anak-anak. Lokasinya terletak di Jl. Pengasih-Nanggulan, Derwolo, Snedngsari, Pengasih. Untuk jam operasional, Anda dapat berkunjung mulai pukul 10.00-15.00.

7. Pantai Bugel

Kurang lengkap rasanya jika berlibur tanpa berkunjung ke pantai.

Pantai ini masih menyuguhkan panorama yang alami. Pasalnya masih jarang orang yang tau lokasi ini. Lokasi Pantai Bugel berada diantara Pantai Tasik dan Pantai Glagah.

 

Sumber: TRIBUNJOGJA.COM