Deretan Rekomendasi Wisata Jogja Hits dan Instagramable di Kawasan Kulon Progo

Melancong ke Yogyakarta tentunya membutuhkan waktu yang banyak.

Maraknya tempat wisata yang hits di kota gudeg tersebut membuat wisatawan domestik dan mancanegara penasaran. Saat ini Yogyakarta memiliki banyak destinasi pariwisata.

Tentunya pengunjung harus pandai memilih destinasi wisata yang benar-benar ingin dituju. Jarak yang jauh terkadang membuat waktu tak cukup untuk berkeliling ke tempat wisata yang hits.

Berikut wisata hits di kawasan Kulon Progo:

1. Kalibiru

Obyek wisata yang hits sejak tahun 2014. Kaliburu sempat menjadi tranding topik karena keindahan panorama saat diabadikan di setiap kamera.

Mempunyai gardu pandang yang diberi nama pohon pinus. Pengunjung dapat melihat keindahan alam daerah Kuon Progo melalui gardu tersebut.

Tak hanya gardu pandang yang ada dilokasi ini. Flaying fox juga menjadi pavorit pengunjung ketika berada di wisata tersebut.

Lokasi wisata Kaliburu berada di Kecamatan Kokap. Untuk masuk ke obyek wisara ini, pengunjung tak peru merogoh kocek dalam.

Hanya cukup mengeluarkan sekitar Rp3000,- saja sudah dapat memasuki wilayah tersebut. Untuk menaiki obyek seperti gardu pandang dan bermain flaying fox pengunjung memerlukan biaya tambahan.

2. Waduk Sermo

Lokasi yang tak jauh dari Kalibiru ini merupakan waduk irigrasi yang berfungsi sebagai tandon air yang mengaliri sawah penduduk setempat.

Masyarakat sekitar telah menambah fasilitas seperti tempat duduk di taman, spot berfoto dan rakit tradisional. Tak hanya itu pengunjung dapat menikmati kuliner seperti ikan bakar. Pasalnya warga setempat juga memasang keramba jaring apung.

3. Kebun Teh Nglinggo

DI Yogyakarta pun tak mau kalah dengan Bogor dan Bandung. Kebun Teh Nglinggo yang berada di kawasan Kulon Progo ini juga menarik perhatian.

Tak kalah dengan Kalibiru dan Waduk Sermo. Kebun Teh ini juga menawarkan keindahan alam berupa negeri atas awan dan terlihat menjulangnya pohon pinus gabg eksotis.

Pengunjung dapat melihat Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Mebabun yang mengelilingi wilayah ini Kebun Teh Nglingo terletak di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kec. Samigaluh.

4. Pantai Glagah

Menikmati matahari terbenam menjadi momen wajib bagi penikmat senja.

Pantai Glagah merupakan tempat hits karena pantai ini memiliki pemecah gelombang seperti bebatuan laguna di pinggir pantai.

Suara pecah guyuran ombak menambah suasana syahdu ketika berada di sini. Panorama alam yang membuat pengunjung semakin tak ingin pulang.

Pantai Glagah ini tepat menjadi pilihan ketika ingin berlibur. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung antara lain, persewaan kapal kecil, persewaan ATV dan sepeda dan agrowisata perkebunan buah.

5. Bukit Isis Kulon Progo

Terletak di Desa Nglinggo, Pangerharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Bukit ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan.

Dengan tarif yang masih bisa dijangkau pengunjung dapat merasakan sensai udara yang tak pernah dapatkan di kota. Pengunjung dapat melihat pemandangan hijaunya pepohonan, hamparan luas kebun teh hingga pegunungan.

6. Wisata Hutan Mangrove Jembatan Api-Api

Tak hanya Bali yang punya hutan Mangrove. Hutan Mangrove di Kulon Progo juga berfungsi sebagai pemecah gelombang air laut. Hutan ini memiliki daya tarik wisatawan. Sehingga warga berantusias menjadikan tempat wisata.

Adanya antusias warga membuat pemerintah melengkapi hutan tersebut dengan membuat jembatan api-api sebagai spot foto. Lokasi wisata ini berada di Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo.

7. Rafting Kalibawang

Setelah dari pemandangan, kali ini tempat wisata tersebut memberikan tantangan.

Rafting Kalibawang derasnya arus air sungai progo menguji adrenalin wisatawan. Banyaknya variasi jeram, penampang sungai yang lebar serta tingginya vooume air ini akan memberikan sensai yang berbeda.

Maka jangan lewatkan objek wisata satu ini ketika Anda berkunjung ke Kulon Progo.

8. Ayunan Langit Watu Jaran

Jika Anda tidak takut dengan ketinggian dan ingin mamacu adrenalin bisa mencoba ayunan langit watu ini. Pengunjung dapat merasakan sensasi berayun layaknya di langit dan melihat panorama alam yang membentang di depan mata.

Perlengkapan yang disediakan sudah memenuhi keseamatan wisatawan, jadi tak perlu khawatir jika ingin mencobanya. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan latar belakang hijaunya pepohonan di spot foto yang telah disediakan.

 

Sumber: TRIBUNJOGJA.COM