Yogyakarta selain dikenal sebagai kota pelajar, terkenal juga dengan sebuatan Kota Pariwisata.

Menjamurnya tempat wisata yang berkembang membuat wisatawan domestik dan mancanegara ingin menjelajahi berbagai lokasi wisata di Yogyakarta.

Saat ini, tren wisata yang menyuguhkan keindahaan alam seperti memberikan ruang foto menarik perhatian dan minat wistawan. Apalagi bila tempat wisata tersebut membuka lokasi hingga malam hari atau dapat digunakan untuk berkemah. Pengunjung dapat menikmati alam dan melepas rutinitas melalui atkifitas tersebut. Tren saat ini, di kalangan anak muda gemar sekali camping agar dapat menyatu dengan alam.

Beberapa area yang dapat menjadi tempat berkemah dirangkum oleh  Tribunjogja.com sebagai berikut:

1. Pantai Kesirat

Obyek wisata Pantai Kesirat merupakan destinasi wisata yang terletak di desa Gunung Kidul. Keindahan alam yang bahari memikat hati para pecinta pantai.

Pantai Kesirat terdengar asing di telinga tak seperti tempat wisata pada umumnya.

Birunya air dan putihnya pasir tak mengecewakan para pengunjung untuk bersantai sejenak disana.

Pesona alam yang natural masih bisa dinikmati para pengunjung. Disini pengunjung dapat memancing, mengabadikan momen bersama kerabat terdekat, serta menikmati kuliner di pinggir pantai.

2. Pantai Wohkudu

Tempat wisata ini menjadi incaran wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Keindahan pantai yang asri dan terjaga akan memanjakan mata pengunjung. Terletak Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai tersebut searah dengan Pantai Kesirat. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai yang diapit oleh tebing sembari menunggu matahari terbit atau terbenam. Posisi pantai ini berbatasan langsung dengan cekungan kaki gunung.

3. Pantai Sedahan

Pantai yang berada di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul ini tak kalah indahnya dengan Pantai Wohkudu dan Pantai Kesirat.

Letak pantai tersebut terapit oleh tebing karang dan menjorok ke tengah laut. Deburan ombak dan putihnya pasir menghipnotis para pengunjung yang datang kesana.

Pengunjung juga dapat melakukan aktifitas memancing dan berfoto dengan penyu Konon katanya lokasi ini menjadi tempat bertelurnya para penyu. Luasnya pantai ini dapat membawa kita menjelajahi pantai-pantai yang berada disekitar. Antara lain, Pantai SInden, Pantai Grewang, pantai Ngusalan dan Pantai Jungwok.

4. Pantai Jungwok

Keindahan panorama di Pantai Jungwok masih terilihat asri. Pasir putih dan birunya laut membayar rasa capek di jalan. Pantai ini sering menjadi destinasi wisata yang nyaman terutama untuk berkemah.