Ketika libur sekolah tiba, kebanyakan orang tua ingin mengajak anak-anaknya berlibur untuk menghilangkan penat. Banyak orang tua yang bingung apakah tempat wisata itu cocok bagi anak-anak mereka? Catat tempat yang wajib dikunjungi saat liburan sekolah yang akan datang.

Berikut lokasi wisata untuk si kecil versi Tribunjogja.com agar orang tua senang, anakpun senang.

1. Belajar Sejarah Bersama Si Kecil di Kampung Wisata Taman Sari

Disini orangtua dapat mengajak buah hatinya untuk berlibur sembari belajar sejarah di Taman Sari. Tak perlu merogoh kocek banyak, Taman sari tergolong tempat wisata yang dapat dijangkau. Terutama untuk akses lokasinya.

Taman Sari merupakan situs bekas taman atau kebun istan Keraton Ngayoyakarta Hadiningrat. Kebun yang dibangun pada kepemimpinan Sultan Hamengku Buwono I ini memiliki sebutan ‘The Fragrant Garden’. Luas Taman Sari tersebut lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan. Antara lain, gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air sera danau buatan hingga lorong bawah tanah. Lokasi ini terletak di Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Dunia Es Cream Untuk Si Kecil : Ice Cream World
 

Agar momen semakin hangat dengan sang buah hati, lokasi ini tentunya menjadi tempat kebahagiaan anak-anak. Pasalnya pengunjung dapat berfoto dan makan es krim. Disinilah tempat mendekatkan orangtua dengan anak-anak.

Tips ketika berkunjung kesini, isi batrai kamera digital maupun smartphone Anda agar dapat membidik setiap momen gembira bersama keluarga. Untuk mencari lokasinya terletak di Jl. Solo KM 11 No. 31, Cupuwatu I, Purwomartani, Kabupaten Sleman. Jam Operasional pukul 10.00-21.00.

3. Kids Fun Park: Bermain sampai puas

Tentu nama tempat ini tidak asing di telinga. Pasalnya tempat ini sering dilewati apabila ingin pergi ke pantai Gunung Kidul.

Kids Fun memanjakan pengunjungnya baik anak-anak maupun dewasa. 23 Wahana yang tersedia dapat dicoba mulai dari rafting, flaying fox, gokart hingga bombom car. Lokasi Kids Fun terletak di Jl. Wonosari Km 10, Yogyakarta. Jam Operasional pukul 08.00-22.00.

4. The Lost World Castle, Kastil Berlatar Belakang Merapi

Banyak orang mengatakan The Lost World Castle merupakan ‘Benteng Takesi’ nya Sleman, DI Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmati udara yang segar, serta berjalan-jalan di area kastil tersebut. Dalam area ini pengunjung dapat mengabadikan gambar dengan menyewa kostum.

Lokasi ini bersebrangan dengan Rumah Hobit. Tak jauh juga dengan wisata merapi lainnya. Jika Anda berkunjung ke lokasi ini, Tribunjogja.com menyarankan luangkan waktu seharian untuk bermain di kawasan Utara Yogyakarta tersebut.

5. Upside Down World: Jungkir Balik Layanknya ’Spiderman’

Berfoto terbaik? Bagaimana bisa? Upside Down memberikan ruang dengan perabotan yang dipasang terbalik.

Agar terkesan pengunjung menjadi ‘Spiderman’. Setiap spot ruang terdapat pemandu yang siap mengarahkan gaya dan memandu pengunjung. Agar mendapatkan gambar yang baik.

Lokasinya terletak di Jl. Ring Road Utara No. 18 Maguwoharjo, Sleman.

6. Taman Pintar, WIsata Belajar Menyenangkan

Belajar dengan cara menyenangkan. Inilah yang selalu diimpikan oleh anak-anak. Taman Pintar, memberikan edukasi kepada anak-anak sembari bermain.

Jangan ragu jika perkunjung ke Yogyakarta dengan buah hati, mencoba bermain di area ini. Untuk lokasi terletak di Jl.  Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

7. Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark, Serasa di Dunia Bajak Laut

Bagi pencinta air, wajib mengunjungi area bermain tersebut. Water Park yang mengusung tema unik, mengajak orang berkhayal hidup di dunia bajak laut.

Wisatawan dapat menikmati 19 wahana bermain air seperti How to Survive in Tsunami and Earthquake. Merasakan sensasi seperti hantaman gelombang Tsunami. Kemudian ada pula drama musical.

Bagi Ibu-ibu yang menunggu anaknya bermain dapat juga memanjakan tubuh dengan spa. Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark, terletak di Jl. Stadion Maguwoharjo, Depok, Maguwoharjo, Sleman.

8. Eropa Mini ala Sleman The World Landmarks Merapi Park

Berkeliling dunia tanpa paspor, lokasi ini berada di sekitaran lereng Gunung Merapi. Udara yang sejuk mendukung suana berlibur.

Disini pengunjung disugguhkan dengan landmark yang ada sudut Eropa. Antara lain, Menara Eiffel, Menara Pizza, Jam Big Ben, Patung Liberty dan masih banyak yang lainnya. Di hadirkan dengan ukuran mini.

Lokasinya masih di Utara Kota Yogyakarta. Jl. Kaliurang Km 22,5. Kel. Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

 

Sumber: TribunJogja.com