Bakpia, mendengar nama ini pasti langsung teringat Yogyakarta. Wajar, karena bakpia memang jadi salah satu kudapan khas kota budaya tersebut. Bakpia sebenarnya berasal dari Bahasa Hokkian, bak yang artinya babi dan pia berarti kue. Bakpia sebenarnya adalah kue berisi daging. Namun pada perkembangannya, masyarakat Yogyakarta dan Indonesia yang mayoritas muslim mengubah isian kue tersebut menjadi kacang hijau, cokelat, keju, dan lain sebagainya. 

Bukan cuma masyarakat Indonesia saja yang suka citarasa bakpia ini. Pesepakbola asal Belanda, Kristian Adelmund, juga mengaku suka banget makan bakpia, terutama bakpia cokelat. Pria yang dahulu pernah bermain dengan Persela Lamongan hingga pertengahan tahun 2016 itu, dikutip bolasport.com, mengatakan lebih suka bakpia dibanding gudeg.

Nah, memang rasanya tak lengkap jika ke Yogyakarta tanpa bawa pulang bakpia. Ini bakpia terenak yang mungkin bisa Anda buru.

Bakpia Pathuk



Untuk Anda yang suka dengan rasa klasik, Bakpia Pathuk bisa jadi pilihan.

Nama Pathuk berasal dari daerah di Yogyakarta yang dikenal sebagai sentra penghasil bakpia yang enak. Industri rumahan ini kemudian membuat Bakpia Pathuk punya deretan angka-angka yang menandakan nomor rumah. Bakpia Pathuk 25 dan 75 adalah yang paling terkenal. Jika Anda mencari bakpia dengan rasa otentik, terkenal, dan dengan harga yang relatif lebih terjangkau dengan kualitas tak diragukan lagi, maka kedua nomor itu layak Anda beli.

Bakpia Pathuk 25 dan 75 bisa Anda dapatkan di pabriknya langsung atau di sentra penjualan resminya.

Bakpia Kurnia Sari



Bakpia yang satu ini menjadi salah satu bakpia terenak sekarang. Bedanya dengan bakpia lain, Bakpia Kurnia Sari lebih lembut dengan lapisan kulitnya yang tipis. Bagi Anda yang bosan dengan bakpia padat dan keras, bakpia ini bisa jadi pilihan.

Varian rasanya pun menggugag selera. Selain rasa kacang hijau, cokelat, dan keju, ada lagi beberapa rasa favorit, salah satunya kumbu hitam. Bakpia Kurnia Sari ini tidak dijual di sembarang toko. Jika Anda berada di tengah kota Yogyakarta, yang terdekat ada di Jalan Glagahsari, Warungboto, Umbulharjo. Ada dua store di jalan ini. Selain itu, ada juga di kawasan Ringroad Utara dan Kusumanegara. 

Harga yang ditawarkan memang sedikit lebih mahal dibanding Bakpia Pathuk. Namun soal rasa, bakpia ini enak banget lho.

Bakpiapia



Bakpia yang satu ini bakpia kekinian yang cocok buat kids zaman now, atau generasi masa kini. Bentuknya dibuat lebih kecil dan berbeda dari bakpia klasik biasanya. Lebih variatif dan Instagramable, begitu juga dengan rasa dan nama-namanya.

Ada bakpia blueberry cheese, pisang keju, janggut naga yang berisi abon, dan lain sebagainya. Harganya variatif sesuai dengan jumlah isi dan paket rasanya. Nah, Anda bisa menemukan Bakpiapia ini di kawasan Malioboro. Selain itu, outletnya tersebar di sejumlah kawasan lain di Yogyakarta.
(Z)

Source Pict :
http://www.yogyadise.com/wp-content/uploads/2015/10/Sejarah-Bakpia-Pathok-Jogja-Paling-Enak-Harga-Bakpia-Pathok-75-Cara-Pembuatan-Bakpia-Pathok-25-Resep-Bakpia-Pathok-99.jpg
http://bakpiajogja.id/wp-content/uploads/2016/11/jual-bakpia-pathok.jpg
http://bakpiajogja.id/wp-content/uploads/2016/11/bakpia-kurnia-sari.jpg
http://bakpiajogja.id/wp-content/uploads/2016/11/bakpiapia-enak-modern.jpg