Mencari tempat wisata yang ideal untuk akhir pekan memang gampang gampang susah. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengunjungi destinasi wisata Watu Giring yang terletak di Semanu, Gunungkidul.

Tidak berbeda dengan panorama alam yang ditawarkan kabupaten tersebut, Watu Giring ini memanjakan mata Anda dengan sejumlah batuan yang kokoh nan unik.

Jika dilihat dengan seksama, setiap batu yang ada di tempat itu seperti dipahat, sehingga terlihat seperti berjenjang.

Watu Giring ini bukan yang ada dengan sendirinya. Destinasi ini ternyata merupakan bekas tambang batu kapur. Tidak diketahui, sengaja ataupun tidak bekas tambang yang telah berusia puluhan tahun ini menyerupai bangunan candi kuno. 

Struktur bangunannya tertata apik dan cantik, sehingga memang jika dilihat sekilas bangunannya menyerupai bentuk candi candi kecil yang berundak.

Bahkan saking uniknya, banyak yang menyebutkan jika destinasi wisata ini mirip dengan wisata Bukit Breksi di Sleman.

Banyak dari pengunjung yang menyangka bahwa bekas penambangan batu tersebut merupakan candi. Akan tetapi berkali-kali pula pengelola menjelaskan bahwa tempat itu hanyalah bekas penambangan biasa. 

Watu Giring juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Di sore hari, Anda bisa menikmati indahnya sunset berpadu dengan hijaunya sawah dan perbukitan alam sekitar. Jika beruntung, Anda bisa melihat Gunung Merapi dari kejauhan pada saat cuaca sedang cerah.

Tempat wisata ini memang tak terlalu menawarkan banyak pemandangan. Akan tetapi, sayang jika Anda lewatkan karena obyek ini terlihat bagus untuk difoto dan bisa dijadikan koleksi unggahan di media sosial.

Berapa retribusi untuk menikmati keindahan alam di Watu Giring? Di sini kelebihannya. Anda tinggal merogoh kocek biaya parkir sebesar Rp 2000-5000 saja. Dengan nominal segitu, Anda bebas menghabiskan waktu di sini hingga bosan.

Bagaimana menuju kesana? Tentu ini mudah tejawab jika Anda pernah berkunjung ke Kali Suci. Rute yang ditawarkan tak jauh berbeda karena sebetulnya kedua destinasi wisata itu terletak berdekatan.

Watu Giring ini berjarak sekitar 60 Km dari pusat Kota Yogyakarta dengan estimasi waktu perjalanan darat sekitar 1- 1,5 jam. Dari pusat, Anda bisa mengambil rute Jalan Yogya – Wonosari lalu ambil arah Semanu. Nah, nantinya Anda langsung belok kanan sebelum Rumah Sakit Pelita Husada. Setelah itu, Anda tinggal ikuti petunjuk yang mengarah ke Watu Giring.

Tak perlu panik karena sudah ada banyak petunjuk arah yang bisa membantu Anda.

 

Sumber: TribunJogja.com