Jika membahas tempat wisata di DI Yogyakarta tentu tak akan ada habisnya. Keindahan wisatanya dan keramahan penduduknya membuat ingin selalu kembali ke Kota Gudeg ini.

Obyek wisata di DI Yogyakarta tersebar di beberapa wilayah yaitu Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo. 

Kali ini Tribunjogja.com akan membahas obyek wisata baru yang kekinian dan Anti-Mainstream.

Bagi Anda yang suka memburu panorama alam yang indah, lokasi tersebut tentu akan menarik perhatian Anda. Keindahan wisata di daerah Kulonprogo memang dapat memanjakan diri untuk selalu ingin berlibur.

Wisata daerah terebut biasanya terkenal dengan Kalibiru, Waduk Sermo namun kini berbeda dengan wisata yang pernah Anda dengar. 

Bukit Wisata Pulepayung memang tak jauh berbeda dengan Kaibiru yang berisi spot foto saja. Tapi disini ada beberapa spot foto yang menjadikan ciri khas Bukit Wisata Pulepayung ini.

Kursi Langit

Spot foto tersebut memang cukup unik, sesuai namanya kursi tersebut menyerupai ayunan dengan ayaman bambu yang menggantung pada sebuah tiang.

Seolah-olah kursi tersebut menggantung dari langit.

Area foto tersebut menawarkan panorama yang indah dengan perpaduan birunya langit, hijaunya bukit serta danau buatan yang memberikan nuansa seakan-akan Anda duduk di kursi yang melayang di udara.

Spot Lolipop

Nuansa imut dan lucu dengan warna-warni spot foto yang menyerupai permen lolipop ini akan menjadi menggemaskan ketika dipasang di Instagram. 

Ketinggiannya sejajar dengan tanah sehingga tak perlu khawatir jika Anda yang takut ketinggian.

Tempat foto tersebut juga cukup aman untuk anak-anak karena untuk menuju tempat ini tidak perlu menaiki tangga. 

Meski begitu tempat tersebut juga menyajikan keindahan alamnya seperti hamparan hijau nan megah dan waduk sermo dapat menjadi latar belakang foto Anda.

Spot Sepeda Langit

Ingin mencoba bagaimana naik Sepeda Terbang? Nah, di tempat ini Anda dapat merasakan bagaimana rasanya naik sepeda seolah-olah mempunyai kekuatan sihir.

Spot tersebut akan memberikan pengalaman yang menarik bagi yang suka dengan tantangan. Tak perlu khawatir tentang keselamatan, disini Anda akan dibekali dengan alat pengaman saat akan mengayuhnya. 

Spot Angkasa

Spot foto ini akan memberikan kesan nyaman layaknya di sebuah balcon rumah sendiri dengan latar belakang alam yang terbentang luas.

Luas spot Angkasa tersebut terbilang 8x21 meter persegi dapat dikatakan ini merupakan spot terluas di Pulepayung. Konon katanya dari spot tersebut dapat menyaksikan pesisir selatan karena letaknya yang cukup tinggi. 

Spot Wulu

Spot tersebut hampir sama dengan spot foto yang berada di Kalibiru, namun perbedaanya terletak pada pijakkan yang berupa segi dan beraturan.

Di tempat ini Anda akan mendapatkan pemandangan alam full frame. Sehingga foto tersebut menampilkan sisi alam Perbukitan Manoreh dan Waduk Sermo akan menjadi latar belakang yang indah. 

Spot Jembatan Surga

Di spot ini Anda seolah-olah berjalan menuju tempat yang tak ada ujungnya. Tentu hal ini cocok dengan julukannya sebagai Jembatan Surga.

Dengan daya tampung 50 orang dan memberikan pemandangan seperti lukisan tentu akan membuat hati merasa damai. Pada tempat ini Anda dapat juga menyewa properti seperti sepeda motor DKW yang dapat menambah kecantikan dalam berpose. 

Wahana Flaying Fox

Flaying Fox menjadi wahana yang dapat dijumpai dimana saja setiap tempat wisata. Namun, wahana ini tentu berbeda selain memacu adrenalin, Anda akan meluncur cepat sejauh 100 meter sembari disuguhkan kecantikan Bukit Manoreh dan Waduk Sermo.

Tentu ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan ta terlupakan.

Ayunan Langit

Ayunan tersebut sering Anda jumpai ketika berkunjung ke Bali.

Ini tidak terlalu ekstream seperti di Ubud Swing, Bali, meski terlihat tinggi, ayunan tersebut sebenarnya tidak terlalu tinggi, hanya saja lokasi yang berada di ketinggian membuat pemandangan Bukit Hijau Manoreh dan Waduk Sermo dapat terlihat jelas. Sehingga membuat kita merasakan berada di ketinggian.

Penasaran dengan tempatnya? Mari list perjalanan Anda untuk weekend kali ini.

Untuk rute menuju tempat tersebut tak perlu bingung karena letaknya yang tak jauh dari Kalibiru. Terletak di Dusun Saropati, Desa Hargotirto, kecamatan Kokak, Kabupaten Kulonprogo. 

Jika Anda bingung, Anda dapat melewati jalur Jl Godean lurus kebarat hingga menemukan lokasi Goa Kisekndo. Kemudian ambil arah menuju Taman Sungai Mudal atau Kembangsoka.

Sesampainya di gapura Air Terjun Kembangsoka, ambil arah kiri menuju Kalibiru, nanti Anda akan menemukan petunjuk arah menuju ke Pulepayung. 

Untuk memasuki objek wisata Pulepayung ini cukup merogoh kocek sebesar Rp 5000/orang. Namun, perlu diketahui untuk menikmati spot foto di wahana Pulepayung ini Anda akan dikenakan biaya tambahan mulai dari Rp 10000 - Rp 30000. Setiap spotnya akan dikenakan tarif berbeda.

 

Sumber: TribunJogja.com