Ribuan pemudik dari Jakarta mulai bergerak pada Minggu, 3 Juni 2018. Stasiun Senen mulai dipadati penumpang yang rata-rata akan pulang ke kampung halaman di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Meski baru dua minggu menuju Hari Raya Idul Fitri, sejumlah pemudik mengaku ingin segera pulang kampung, sebab saat ini kondisi perjalanan belum padat.
 
Di Yogyakarta sendiri, pemerintah dan aparat sudah bersiap menyambut musik musik Lebaran tahun 2018. Di penghujung Mei kemarin, Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dofiri, bersama Wakil Bupati Kulonprogo, dan sejumlah jajaran lain melakukan peninjauan jalur mudik di Yogyakarta, khususnya jalur kereta api.
 
Rombongan Kapolda ini melakukan pengecekan dari Stasiun Tuhu hingga Wates. Pihaknya ingin memastikan semua jalur siap dan aman untuk digunakan para pemudik. Dalam tinjauannya, dilansir dari Tribunnews, beberapa perbaikan masih dilakukan di jalan menuju Gunungkidul. Namun, dia memastikan H-7 semuanya sudah bisa digunakan.
 
Selain di dalam Yogyakarta sendiri, pemerintah kini mulai menyosialisasikan mudik lewat jalur Pantai Selatan atau Pansela. Jalur ini terbentang di selatan Jawa dengan panjang 1.405 kilometer. Jalur dimulai dai Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga ke Jawa Timur. 
 
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelaskan, pemudik yang akan melalui jalur Pansela ini tak hanya dijanjikan nyaman, tapi juga santai karena jalur ini menyuguhkan pemandangan cantik luar biasa. Setidaknya, disebut ada 56 pantai yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta.
 
"Ruas ini bisa menjadi jalur alternatif untuk mudik, sekaligus sebagai jalur wisata di selatan Jawa yang sangat prospektif," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dilansir dari Kompas.com.
 
Beberapa pantai yang menarik untuk bisa dikunjungi di sepanjang Pansela ini antara lain, Pantai Geopark, Pantai Ujung Genteng, dan Pantai Tegal Buleud di Sukabumi, Pantai Arafa di Cianjur, Pantai Rancabuaya, Pantai Guha, Pantai Cijayana, Pantai Sayang Heulang, Pantai Santolo di Garut.
 
Ada juga Pantai Mandasari, Pantai Batu Hiu di Pangandaran. Pantai Karangtawulan juga bisa dikunjungi di ruas jalan Cipatujah, Tasikmalaya.
 
Di Jawa Tengah, pemudik bisa menikmati Pantai Teluk Penyu, Pantai Nusakambangan, Pantai Menganti, dan Pantang Bopong. Selain itu, Pantai Jetis dan Pantai Jatimalang ada di Kabupaten Purworejo. Pantai Nampu dan Waduk Gajahmungkur bisa dilihat di kawasan Wonogiri.
 
Sementara di Yogyakarta, setidaknya pemudik bisa menikmati pemandangan dari 36 pantai yang indah. Beberapa di antaranya ada Pantai Congot, Pantai Glagah, dan Pantai Trisik di Kulon Progo.
 
Lalu masuk Kabupaten Bantul, ada Pantai Baru, Pantai Kuwaru, Pantai Goa Cemara, Pantasi Samas, Pantai Depok, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Parangtritis. Belum lagi di Gunungkidul yang punya 26 pantai lainnya. Beberapa ada Pantai Kesirat, Pantai Gesing, Pantai Ngilen, Pantai Ngobaran, Pantai Baron, Pantai Kukup, dan masih banyak lainnya. 
 
Indahnya pemandangan di Pansela, diharapnya bukan hanya sekadar untuk latar foto-foto para pemudik saja, tapi bisa menambah kenyamanan agar pemudik tetap santai dan tidak stres selama perjalanan. (Z)
 
Pict : http://poskotanews.com/cms/wp-content/uploads/2018/06/senen.jpg